Alat musik dari kelompok alat tiup kayu. Meskipun ada silang pendapat
tentang alat musik modern mana yang sesuai dengan kata Ibrani kha·lil′
dan padanan kata Yunaninya au·los′, banyak terjemahan modern
mengalihbahasakannya menjadi ”seruling” atau ”suling”, sesuai dengan
ciri-ciri yang diberikan oleh para leksikograf. (1Sam 10:5; 1Kor 14:7,
TB, BIS, NW, RS) Kata dasar Ibrani yang konon merupakan asal kata
kha·lil′ mempunyai arti ”menusuk” (Yes 51:9; 53:5), dan bisa menunjuk
kepada proses yang digunakan untuk membuat seruling yang sederhana,
yakni mengebor bagian tengah sebuah buluh, rotan, atau bahkan tulang
atau gading dan kemudian melubanginya pada jarak-jarak yang cocok.
Inskripsi-inskripsi Mesir menunjukkan bahwa di negeri itu ada beragam
alat musik yang mirip seruling. Satu jenis seruling dipegang dengan
posisi miring, dan ditiup pada sisi alat itu; mereka juga mengembangkan
seruling ganda, yang ditiup pada ujung dua seruling itu.
Kita tidak dapat memastikan alat musik mana yang dimaksudkan oleh
kata Ibrani ʽu·ghav′ karena Alkitab tidak menjelaskannya; namun,
terjemahan-terjemahan Alkitab modern pada umumnya mengalihbahasakan kata
Ibrani itu menjadi ”seruling”. (Ayb 21:12; 30:31; Mz 150:4; TB, AS, Da,
NW, RS) Jadi, seruling adalah alat musik tiup pertama (mungkin dari
kayu) yang disebutkan dalam Tulisan-Tulisan Kudus. Yubal, generasi
ketujuh dari Adam, disebut sebagai ”leluhur [harfiah, bapak] semua orang
yang mempergunakan . . . seruling”. (Kej 4:21) Hal itu mungkin
menunjukkan dimulainya suatu profesi, entah sebagai perajin yang membuat
alat musik ini ataupun orang yang memainkannya.
Meskipun kata ʽu·ghav′ tidak pernah disebutkan sebagai salah satu
alat musik di bait, beberapa pakar percaya bahwa nama itu menjadi
istilah umum, yang memaksudkan alat tiup kayu mana pun. Namun, pada
mulanya, bisa jadi yang dimaksud adalah alat musik yang spesifik,
mungkin seruling atau mungkin serangkaian pipa dengan berbagai nada yang
semuanya tertutup di satu ujung dan ditiup melalui ujung-ujung yang
terbuka. Alat musik dalam orkestra Nebukhadnezar yang dalam bahasa Aram
disebut mas·roh·qi′ (”seruling”, Dan 3:5, 7, 10, 15; TB, AT, Da, Mo, NW,
RS) bisa jadi sama dengan alat musik yang dalam bahasa Ibrani disebut
ʽu·ghav′.
Kata Yunani au·los′ tampaknya juga telah digunakan sebagai sebutan
umum untuk dua jenis alat musik: alat yang menggunakan bilah getar pada
pipit (tempat meniup), dan juga seruling biasa. Kha·lil′ mungkin juga
menjadi istilah umum untuk semua alat tiup kayu, tetapi dalam bahasa
Ibrani modern nama tersebut hanya digunakan untuk seruling, dan menurut
kepercayaan turun-temurun orang Yahudi, kha·lil′ dalam Tulisan Kudus
adalah seruling.
Di antara semua alat musik, seruling merupakan salah satu yang
paling populer, dimainkan pada kesempatan-kesempatan yang penuh sukacita
seperti perjamuan dan perkawinan (Yes 5:12; 30:29; 1Raj 1:40),
kebiasaan yang ditiru oleh anak-anak di tempat-tempat umum. (Mat 11:16,
17) Seruling juga dimainkan pada saat-saat sedih. Para peratap bayaran
sering diiringi para pemain seruling yang melantunkan nada-nada yang
sendu.
BERMAIN MUSIK IRAMA SUNDA
MENGGUNAKAN SULING RECORDER .
PENGANTAR:
CARA MEMAINKAN ALAT
SULING RECORDER IRAMA SUNDA, INI SANGAT MUDAH SEKALI DILAKUKAN.
METODE INI SANGAT PRAKTIS
BAGI PARA SENIMAN ALAT TIUP UNTUK MELAKUKANNYA,
ASALKAN ADA KEINGINAN UNTUK MENGETAHUI SERTA MELAKUKAN PERMAINAN ALAT
SULING INI.
SULING YANG DIGUNAKAN
ADALAH RECORDER, BAIK ITU RECORDER ALTO, RECORDER SUPRANO, MAUPUN RECORDER
SUPRANINO.
BAHWA BUNYI YANG
DISAMPAIKAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT
SULING DIMAKSUD MEMPUNYAI KE KHASAN SENDIRI
UNIK DAN ENAK DIDENGAR.
KITA KETAHUI BERSAMA
BAHWA IRAMA SUNDA ASLINYA DILAKUKAN
SENIMAN JAWA BARAT MEMAINKAN
DENGAN ALAT MUSIK TRADIONAL SULING BAMBU KHAS JAWA BARAT, SEKARANG BAGAIMANA
KITA MEMAINKAN IRAMA DIMAKSUD DENGAN
MENGGUNAKAN ALAT SULING RECORDER ,
BUNYI DIMAKSUD WALAUPUN
BUNYINYA TIDAK SAMA DENGAN ALAT TIUP SULING BAMBU TAPI BUNYI DIMAKSUD PUNYA
BUNYI KERASTERISTIK UNIK BENAR BENAR
IRAMA SUNDA.
SEKILAS , SAYA SAMPAIKAN
BAHWA SAYA ASLI ORANG KALIMANTAN SUKU
BANJAR, BERTEMPAT TINGGAL DI
BANJARBARU, KARENA SAAT DUDUK DI SEKOLAH
SMPN.1. TAHUN 1970 HAN MENDENGAR BUNYI IRAMA SUNDA YANG MENURUT SAYA SANGAT
ENAK SEKALI DIDENGAR DAN SAYA SUKA ITU. LALU SAYA DENGAN ALAT SULING RECORDER
COBA COBA MENCARI BUNYI ITU DAN SAAT ITU
TIDAK PERNAH KETEMU KETEMU DENGAN IRAMA YANG KHAS ITU, KARENA KEINGINAN SAYA
YANG KUAT INGIN KETEMU SUARA/ IRAMA ITU LALU SAYA COBA COBA DAN DICOBA HINGGA
AKHIRNYA LAMA KELAMAAN KETEMU JUGA .
INGIN MENGETAHUI, INGIN MEMILIKI PERMAINAN DIMAKSUD, SILAHKAN MEMPELAJARINYA.
TRIMS.
CARA MEMAINKAN ALAT
SULING RECORDER.
NADA YANG DIGUNAKAN :
DO, MI,
FA , SOL, SI.#, .DO
. RE M.I# FA.# SOL
1.
3 4 5
7.(1/4) 1 2.(b)
3.(1/4) 4.(1/4) 5
DIGAMBAR KITA TAYANGKAN
BAHWA ADA BEBERAPA NADA YANG DISAMPAIKAN
DENGAN BUNYI (#)
KRUIS 1/4.
DIANTARANYA BUNYI
DIMAKSUD SEPERTI NADA 7, 2 , 3, 4.
LIHAT TAYANGAN GAMBAR
DIMAKSUD.
DISAMPAIKAN : BAHWA CARA MEMENCET SULING RECORDER DIMAKSUD
TIDAK SAMA DENGAN DENGAN CARA MEMENCET SULING RECORDER YANG LAJIM DIPELAJARI
SECARA TEORI PADA UMUMNYA.
PENCETAN SULING RECORDER
IRAMA SUNDA DILAKUKAN SESUAI DENGAN PADA
GAMBAR 01 S/D GAMBAR 10 .
Tampilan dibawah ini
menggunakan suling recorder supranino.
Irama
Sunda
Menggunakan
Suling Recorder Supranino
Nada Standart. F = Do
Tampilan Nada : Do (1) Semua lobang (8 buah pencetan) ditutup semua.
( gambar No.1 )
Tampilan Nada : 3 (Mi).
Pada lobang 1 (do), 2 (Re) dibuka dan pada lobang lainnya tertutup.
(gambar No.2)
Tampilan Nada : 4 (fa).
Pada lobang 1 (do), 2 (Re) dan 3 (Mi). dibuka dan pada lobang lainnya tertutup. (gambar No.3)
Tampilan Nada : 5 (sol).
Pada lobang 1 (do), 2 (Re), 3 (mi), 4 (fa), dibuka
dan pada lobang lainnya tertutup.
Tampilan Nada 7 # (1/4) (gambar No 5)
pada lobang atas telunjuk dibuka, sedangkan
3 buah lobang ditutup, yaitu, jari
manis.jari tengah dan ibu jari tangan kiri.
Tampilan Nada Do tinggi
(1)
(gambar No.6)
Semua lobang dibuka
terkecuali ibu jari dan jari tengah tangan kiri ditutup
Tampilan nada Re tinggi
(2).
(gambar No. 7)
Semua lobang dibuka terkecuali jari tengah dan
telunjuk tangan kanan serta jari manis, tengah dan ibu jari tangan kiri ditutup
Tampilan Nada Mi Tinggi
(3)
(gambar No. 8)
Semua lobang dibuka
terkecuali jari telunjuk kanan, jari manis kiri dan tengah serta ibu jari ditutup
Tampilan Nada sol tinggi
(5)
(gambar No. 9)
Semua lobang ditutup
terkecuali jari manis.tengah ,telunjuk seerta ibu jari tangan kiri ditutup.
Untuk nada ini khusus
suling recorder baik alto, suprano supranino maupun tenor ,ini sudah nada yang paling tinggi.










Tidak ada komentar:
Posting Komentar