selamat datang di blog


counter

Jumat, 06 Februari 2015

SULING BAMBU


Alat musik dari kelompok alat tiup kayu. Meskipun ada silang pendapat tentang alat musik modern mana yang sesuai dengan kata Ibrani kha·lil′ dan padanan kata Yunaninya au·los′, banyak terjemahan modern mengalihbahasakannya menjadi ”seruling” atau ”suling”, sesuai dengan ciri-ciri yang diberikan oleh para leksikograf. (1Sam 10:5; 1Kor 14:7, TB, BIS, NW, RS) Kata dasar Ibrani yang konon merupakan asal kata kha·lil′ mempunyai arti ”menusuk” (Yes 51:9; 53:5), dan bisa menunjuk kepada proses yang digunakan untuk membuat seruling yang sederhana, yakni mengebor bagian tengah sebuah buluh, rotan, atau bahkan tulang atau gading dan kemudian melubanginya pada jarak-jarak yang cocok. Inskripsi-inskripsi Mesir menunjukkan bahwa di negeri itu ada beragam alat musik yang mirip seruling. Satu jenis seruling dipegang dengan posisi miring, dan ditiup pada sisi alat itu; mereka juga mengembangkan seruling ganda, yang ditiup pada ujung dua seruling itu.
    Kita tidak dapat memastikan alat musik mana yang dimaksudkan oleh kata Ibrani ʽu·ghav′ karena Alkitab tidak menjelaskannya; namun, terjemahan-terjemahan Alkitab modern pada umumnya mengalihbahasakan kata Ibrani itu menjadi ”seruling”. (Ayb 21:12; 30:31; Mz 150:4; TB, AS, Da, NW, RS) Jadi, seruling adalah alat musik tiup pertama (mungkin dari kayu) yang disebutkan dalam Tulisan-Tulisan Kudus. Yubal, generasi ketujuh dari Adam, disebut sebagai ”leluhur [harfiah, bapak] semua orang yang mempergunakan . . . seruling”. (Kej 4:21) Hal itu mungkin menunjukkan dimulainya suatu profesi, entah sebagai perajin yang membuat alat musik ini ataupun orang yang memainkannya.
       Meskipun kata ʽu·ghav′ tidak pernah disebutkan sebagai salah satu alat musik di bait, beberapa pakar percaya bahwa nama itu menjadi istilah umum, yang memaksudkan alat tiup kayu mana pun. Namun, pada mulanya, bisa jadi yang dimaksud adalah alat musik yang spesifik, mungkin seruling atau mungkin serangkaian pipa dengan berbagai nada yang semuanya tertutup di satu ujung dan ditiup melalui ujung-ujung yang terbuka. Alat musik dalam orkestra Nebukhadnezar yang dalam bahasa Aram disebut mas·roh·qi′ (”seruling”, Dan 3:5, 7, 10, 15; TB, AT, Da, Mo, NW, RS) bisa jadi sama dengan alat musik yang dalam bahasa Ibrani disebut ʽu·ghav′.
      Kata Yunani au·los′ tampaknya juga telah digunakan sebagai sebutan umum untuk dua jenis alat musik: alat yang menggunakan bilah getar pada pipit (tempat meniup), dan juga seruling biasa. Kha·lil′ mungkin juga menjadi istilah umum untuk semua alat tiup kayu, tetapi dalam bahasa Ibrani modern nama tersebut hanya digunakan untuk seruling, dan menurut kepercayaan turun-temurun orang Yahudi, kha·lil′ dalam Tulisan Kudus adalah seruling.
      Di antara semua alat musik, seruling merupakan salah satu yang paling populer, dimainkan pada kesempatan-kesempatan yang penuh sukacita seperti perjamuan dan perkawinan (Yes 5:12; 30:29; 1Raj 1:40), kebiasaan yang ditiru oleh anak-anak di tempat-tempat umum. (Mat 11:16, 17) Seruling juga dimainkan pada saat-saat sedih. Para peratap bayaran sering diiringi para pemain seruling yang melantunkan nada-nada yang sendu.

BERMAIN MUSIK IRAMA SUNDA
MENGGUNAKAN SULING RECORDER .
PENGANTAR:
CARA MEMAINKAN ALAT SULING RECORDER IRAMA SUNDA, INI SANGAT MUDAH SEKALI DILAKUKAN.
METODE INI SANGAT PRAKTIS BAGI PARA SENIMAN ALAT TIUP UNTUK MELAKUKANNYA,  ASALKAN ADA KEINGINAN UNTUK MENGETAHUI SERTA MELAKUKAN PERMAINAN ALAT SULING INI.
SULING YANG DIGUNAKAN ADALAH RECORDER, BAIK ITU RECORDER ALTO, RECORDER SUPRANO, MAUPUN RECORDER SUPRANINO.
BAHWA BUNYI YANG DISAMPAIKAN  DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SULING DIMAKSUD  MEMPUNYAI KE KHASAN SENDIRI UNIK DAN  ENAK DIDENGAR.
KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA IRAMA SUNDA ASLINYA DILAKUKAN  SENIMAN JAWA BARAT  MEMAINKAN DENGAN ALAT MUSIK TRADIONAL SULING BAMBU KHAS JAWA BARAT, SEKARANG BAGAIMANA KITA MEMAINKAN IRAMA DIMAKSUD  DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SULING RECORDER ,
BUNYI DIMAKSUD WALAUPUN BUNYINYA TIDAK SAMA DENGAN ALAT TIUP SULING BAMBU TAPI BUNYI DIMAKSUD PUNYA BUNYI KERASTERISTIK  UNIK BENAR BENAR IRAMA SUNDA.
SEKILAS , SAYA SAMPAIKAN BAHWA SAYA ASLI ORANG KALIMANTAN  SUKU BANJAR,  BERTEMPAT TINGGAL DI BANJARBARU,  KARENA SAAT DUDUK DI SEKOLAH SMPN.1. TAHUN 1970 HAN MENDENGAR BUNYI IRAMA SUNDA YANG MENURUT SAYA SANGAT ENAK SEKALI DIDENGAR DAN SAYA SUKA ITU. LALU SAYA DENGAN ALAT SULING RECORDER COBA COBA MENCARI  BUNYI ITU DAN SAAT ITU TIDAK PERNAH KETEMU KETEMU DENGAN IRAMA YANG KHAS ITU, KARENA KEINGINAN SAYA YANG KUAT INGIN KETEMU SUARA/ IRAMA ITU LALU SAYA COBA COBA DAN DICOBA HINGGA AKHIRNYA LAMA KELAMAAN KETEMU JUGA .  INGIN MENGETAHUI, INGIN MEMILIKI PERMAINAN DIMAKSUD,  SILAHKAN MEMPELAJARINYA.
TRIMS.
CARA MEMAINKAN ALAT SULING RECORDER.
NADA YANG DIGUNAKAN :
DO,   MI,   FA , SOL,     SI.#,     .DO   . RE         M.I#           FA.#        SOL
 1.      3      4       5        7.(1/4)      1      2.(b)      3.(1/4)         4.(1/4)        5
DIGAMBAR KITA TAYANGKAN BAHWA ADA BEBERAPA  NADA YANG DISAMPAIKAN DENGAN  BUNYI  (#)  KRUIS 1/4.
DIANTARANYA BUNYI DIMAKSUD SEPERTI NADA  7, 2 , 3, 4.
LIHAT TAYANGAN GAMBAR DIMAKSUD.
  
DISAMPAIKAN :  BAHWA CARA MEMENCET SULING RECORDER DIMAKSUD TIDAK SAMA DENGAN DENGAN CARA MEMENCET SULING RECORDER YANG LAJIM DIPELAJARI SECARA TEORI PADA UMUMNYA.
PENCETAN SULING RECORDER IRAMA SUNDA DILAKUKAN  SESUAI DENGAN PADA GAMBAR  01 S/D GAMBAR 10 .



Tampilan dibawah ini menggunakan suling recorder  supranino.

Irama Sunda
Menggunakan Suling Recorder Supranino

Nada Standart.  F = Do



 Tampilan Nada : Do  (1) Semua lobang (8 buah pencetan) ditutup semua.
( gambar No.1 )


Tampilan Nada : 3  (Mi).


 Pada lobang 1 (do),  2  (Re) dibuka  dan pada lobang lainnya  tertutup.
(gambar No.2)


Tampilan Nada : 4  (fa).


Pada lobang 1 (do),  2  (Re), 3 (mi), 4 (fa),      dibuka  dan pada lobang lainnya       tertutup.



Tampilan Nada 7 # (1/4) (gambar No 5)



















pada lobang atas telunjuk dibuka, sedangkan 3 buah lobang ditutup,  yaitu, jari manis.jari tengah dan ibu jari tangan kiri.


Tampilan Nada Do tinggi (1)
(gambar No.6)





Semua lobang dibuka terkecuali ibu jari dan jari tengah tangan kiri ditutup

Tampilan nada Re tinggi (2).
(gambar No.  7)




















Semua lobang dibuka terkecuali jari tengah dan telunjuk tangan kanan serta jari manis, tengah dan ibu jari tangan kiri ditutup


Tampilan Nada Mi Tinggi (3)
(gambar No. 8)

Semua lobang dibuka terkecuali jari telunjuk kanan, jari manis kiri dan tengah serta ibu jari  ditutup



Tampilan Nada sol tinggi (5)
(gambar No. 9)
Semua lobang ditutup terkecuali jari manis.tengah ,telunjuk seerta ibu jari tangan kiri ditutup.
Untuk nada ini khusus suling recorder baik alto, suprano supranino maupun tenor  ,ini sudah nada yang paling tinggi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar